Berita

Berita dan informasi terkini tentang Yayasan Citra Mandiri Mentawai(YCM-M)

Masyarakat Gorottai Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Pemda Mentawai

Masyarakat Gorottai Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Pemda Mentawai

SIKABALUAN-- Jumat, 27 Juli 2018, hari yang membahagiakan bagi masyarakat Gorottai, di hulu Sungai Terekan Kecamatan Siberut Utara Kepulauan Mentawai. Hari itu, mereka menandatangani perjanjian kerjasama pembangunan dan sosialisasi pembangunan rumah bersama Tim Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Pemkab Mentawai, Bank Nagari serta Yayasan Citra Mandiri Mentawai (YCMM).

"Kami sudah menunggu sejak kemarin. Kabar yang kami peroleh kedatangan bapak-bapak hari Kamis," ujar Rosi (50) seorang ibu rumah tangga yang sedang memasak sagu di dapur kepadaPuailiggoubat, Jumat, 27 Juli 2018.

Kampung Gorottai di hulu Sungai Terekan, Kecamatan Siberut Utara, Kepulauan Mentawai dulunya dusun. Namun pada 2012, Dusun Gorottai secara administrasi dihapuskan dan dileburkan ke dusun lain, sejak keluarnya peraturan bupati yang mengatur tentang jumlah penduduk dalam satu dusun harus 100 Kepala Keluarga (KK).

Warga Gorottai memang semakin berkurang karena sering diterjang banjir serta minim fasilitas layanan dasar sehingga banyak warga pindah ke kampung yang lebih dekat dengan pusat desa. Setelah dijadikan kampung, masyarakat Gorottai hanya tinggal 30 KK, Bahkan, saat ini, warga Gorottai hanya tinggal 10 KK.

Perjalanan panjang memperjuangkan masyarakat Gorottai untuk mendapatkan penghidupan yang layak dilakukan Yayasan Citra Mandiri Mentawai sejak 2016, dengan membuka sekolah uma menggantikan sekolah sebelumnya yang tutup. Meskipun muridnya hanya lima orang saat awal berdiri, sekolah tetap bertahan sampai saat ini.

Karena pemukiman warga yang sering dilanda banjir, YCMM melalui program Kemitraan serta Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman mengusulkan bantuan rumah untuk masyarakat Gorottai sejak tahun lalu. Bantuan rumah tersebut akan dibangun di lokasi baru yang lebih aman dari banjir.

Dikatakan Rosi, realisasi pembangunan rumah masyarakat di kampung Gorottai merupakan sebuah perjalanan panjang dan butuh perjuangan. "Di pemukiman saat ini, kami selalu tidak tenang, musim hujan akan terjadi banjir. Makanya beberapa masyarakat pindah ke daerah lain," ungkapnya.

2012 lalu, banjir besar menghadang Gorottai. Menghanyutkan dan menggeser tujuh unit rumah masyarakat, yang menjadi puncak perpindahan masayarakat dari kampung Gorottai ke dusun tetangga, seperti Polipcoman, Desa Sigapokna, Kecamatan Siberut Barat atau ke Tarekan Hulu dan Sirilanggai, Desa Malancan, Kecamatan Siberut Utara.

Goiran (65),Sikebbukat Uma(tetua suku) yang ada di Gorottai mengatakan, adanya bantuan pembangunan rumah menjadi era baru pembangunan kampung Gorottai. "Kami sangat senang dengan adanya bantuan ini. karena untuk membangun rumah dari biaya kami sendiri, tidak akan cepat, karena butuh biaya, sementata banjir terus menghantui kami," ujarnya.

Masyarakat Gorottai mengusulkan proposal bantuan pembangunan rumah baru untuk dibangun di daerah pemukiman baru sejak Juli 2017 lalu, sebanyak 13 unit. Bank Nagari Mentawai terlibat untuk pembuatan nomor rekening masyarakat penerima bantuan.

Arjon Pasaribu, Kepala Bidang Perumahan dan Kawasan Permukiman di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Mentawai mengatakan, pembangunan rumah masyarakat ini harus selesai tahun 2018.

"Kalau bantuan bedah rumah ini selesai, maka ini akan menjadi tolak ukur bagi pemerintah untuk melanjutkan pembangunan yang dibutuhkan masyarakat kedepannya. Sehingga, kita berharap bantuan bedah rumah ini betul-betul dikerjakan masyarakat dengan baik, hingga selesai tepat waktu," katanya.

Bantuan bedah rumah tahun ini di Mentawai, kata Arjon anggaran masing-masing rumah senilai Rp15 juta. Berlandaskan pada Surat Keputusan (SK) bupati Mentawai, nomor 143 tahun 2018 tentang penerima bantuan bedah rumah, berupa bahan bangunan untuk rumah tahun 2018.

Selain di Gorottai, bantuan tersebut juga ada di daerah Betaet Utara, Desa Simalegi sebanyak 25 unit. Betaet Selatan, Desa Simalegi, sebanyak 50 unit, Kampung Gorottai, Desa Malancan 13 unit, Dusun Aduran, Goisok Oinan 15 unit dan Pogari sebanyak 22 unit.

"Pembangunan rumahnya dalam bentuk gotong-royong, agar dapat diselesaikan secara tepat waktu," jelas Arjon.

Selain itu, Susi Susanti, fasilitator lapangan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Mentawai mengatakan, anggaran bantuan Rp15 juta tersebut tidak diberikan dalam bentuk uang tunai kepada masyarakat sebagai penerima bantuan, namun semuanya diberikan dalam bentuk material bangunan.

"Untuk pengadaan material bangunan melalui kerjasama dengan suplayer, sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat dalam pembangunan, semuanya melalui suplayer," ujarnya.

Menurut Susi, pengadaan material lokal seperti kayu, batu dan pasir yang dapat diolah masyarakat, dapat dikerjakan masyarakat sendiri. Namun, tetap melalui suplayer. "Bagi masyarakat yang sekarang sudah ada bahan material kayu, anggarannya bisa dialihkan untuk penambahan kebutuhan biaya bahan bangunan lainnya," kata Susi.

Ukuran rumah bantuan tersebut, kata Susi 6x6 meter dan masyarakat bisa membuat dalam bentuk setengah permanen atau bentuk panggung. "Nantinya akan terlihat berapa swadaya penerima bantuan pada rumah yang dibuatnya. Semakin besar swadaya penerima bantuan, maka semakin bagus," jelasnya.

Indra Gunawan Sanenek, perwakilan dari YCMM menyebutkan, jangan sampai hasil perjuangan bersama ini disia-siakan. "Untuk mendapatkan bantuan rumah ini, prosesnya sangat panjang dan butuh perjuangan, sehingga hasil perjuangan ini jangan disia-siakan. Kalau bantuan rumah ini berhasil dituntaskan, maka akan menjadi tolak ukur untuk mengakses layanan lain," ujarnya.(bs/r)

Padang

  • Yayasan Citra Mandiri Mentawai (YCMM)
  • Jl. Gng Semeru IV No 3
  • Kel.Gunung Pangilun, Kec. Padang Utara
  • Padang 25137
  • Phone: (0751) 35528
  • Email Address: ycmm@ycmmentawai.or.id
  • Fb: Ycm Mentawai

Tuapeijat

  • UMA YCMM
  • Raya Mapaddegat KM 4
  • Tuapeijat Mentawai

 

  • Sekretariat YCMM
  • Jln Raya Tuapeijat KM 0
  • Tuapeijat Mentawai

Alamat Radio

  • Sura' Mentawai
  • Jln Raya Tuapeijat KM 7
  • Kabupaten Keb Mentawai